Senin, 10 Juli 2017

konggres pemuda indonesia berhasil mencetuskan SUMPAH PEMUDA


SUMPAH PEMUDA MEMPERSATUKAN BANGSA INDONESIA
SUMPAH PEMUDA MEMPERSATUKAN BANGSA INDONESIA

Peranan pemuda Indonesia sangat penting dalam mempersatukan bangsa Indonesia . para pemuda yang bergabung dalam berbagi  organisasi pemuda   mengadakan konggres pemuda I pada tanggal 30 April – 2 Mei 1928 di Jakarta .konggres ini di wakili dari berbagai organisasi pemuda seperti jong java , jong sumatara , jong ambon , jong  batak , jong Celebes , dan yang lain . konggres tersebut berhasil membentuk Organisasi pemuda INDONEESIA  sebagai hasil dari peleburan berbagai organisasi pemuda yang di namakan indo nesia pemuda .
TUjuan konggres pemuda  I adalah membentuk perkumpulan pemuda yang tunggal dengan maksut :

1, Memajukan paham persamaan  dan kebangsaan .
2, mempererat hubungan antara semua perkumpulan ke bangsaan .

Walaupun konggres pemuda I belum berhasil membentuk  dan mendirikan organisasi yang bersifat nasional , namun para pemuda tidak putus asa . Mereka tetap berusaha untuk mendirikan organisasi yang bersifat Nasional .Dalam bulan juni 1928 , di bentuk panitia untuk persiapan konggres pemuda II.

Konggres pemuda II di adakan pada tanggal 27 – 28 Oktober  1928 , konggres pemuda II di hadiri kurang lebih 750 orang dari berbagai wakil dari suatu Organisasi yang ada . Konggres berjalan dengan penuh gelora semangat persatuan nasional pemuda Indonesia . Pada konggres tanggal 28 oktober 1928 , Seorang wartawan  dan pencipta lagu yang berjudul Indonesia Raya bernama Rdolf Supratman memperdengarkan lagu ciptaannya yang  berjudul Indonesia Raya Sehingga  pada tahun 1931 , atas anjuran Ir.sukarno lagu Indonesia raya di jadikan lagu kebangsaan Indonesisa
.
Dalam konggres ke II tersebut berhasil di cetuskan Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928 di jalan keramat raya no 6 Jakarta . Sumpah Pemuda ,hasil Konggres Pemuda II adalah sebagai berikut  :

1. Kkami putra putrid indonasia bertumpah darah satu , tanah air Indonesia
2. Kami putra putrid Indonesia megaku berbangsa satu , bangsa Indonesia .
3. Kami putra dan putrid Indonesia menjujung bahasa persatuan , bahasa Indonesia .
                                                                                                     Mochtadin si beted

Tidak ada komentar:

Posting Komentar